Kamis, 22 November 2012

TUGAS 2, Pariwisata Bali dan Global (Bali and Global Tourism)


Nama                    : Nur Yanti  N. Achmad
Kelas                    : PBU VI Hotel
NIM                       : 2010145011
Mata Kuliah         : Ekonomi Pariwisata
Wacana                : Study Kasus > CLUB MEDITERANIAN, MANFAAT EKONOMI BAGI NEGARA MAJU DAN NEGARA BERKEMBANG

TOPIK DISKUSI
Apakah manfaat dan masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap :
a. Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)?
b. Negara dengan perekonomian sedang berkembang

>>> 

Dunia kepariwisataan memang memiliki berbagai dampak ekonomi. Seperti yang telah kita ketahui bahwa pariwisata juga mampu memberikan kontribusi terhadap pendapatan Nasional suatu negara. selain itu juga para ahli membedakan bahwa dampak ekonomi tersebut bisa berupa efek langsung ( Dirrect Effect ), efek tidak langsung ( Indirrect Effect ) ataupun efek induksi ( Induced Effect ) bagi berbagai komponen yang terlibat di dalamnya. Secara nyata dapat kita ketahui bahwa pengembangan yang dilakukan oleh Club Med dapat memberikan manfaat untuk penjualan, keuntungan, pendapatan, lapangan pekerjaan maupun pajak yang diterima suatu negara. Dampak tersebut bisa langsung dirasakan oleh pelaku jasa wisata seperti : jasa akomodasi, restoran, hiburan, transportasi, pedagang eceran, dan lain – lain. Awalnya memang Club Med hanya ingin mengembangkan usahanya sendiri, namun tanpa disadari tentunya hal tersebut memberikan dampak bagi banyak kalangan.



Club med
Tempat liburan pedesaan di mana pengunjung bisa menikmati aktivitas olahraga di dalam perkemahan. Tempat cocok untuk liburan dan bersantai,bagi para wisatawan yang bekerja.
Banyak hal dan manfaat yang di dapat dari clup men,khususnya pada pperekonomian Negara maju.




 Manfaat yang didapat dalam Negara perekonomian maju adalah:

  • Club med dapat mengurangi tinggkat pengangguran, karena dengan banyaknya masyarakat yang ada di dalam dunia pariwisata . maka akan banyak wisatawan luar yang masuk ke dalam negeri untuk mengenal dunia pariwisata Negara tersebut, yang artinya Meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • Memperluas lapangan pekerjaan. Usaha-usaha yang dapat dilakukan pemerintah untuk membangun sektor kerja, yang artinya Meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan negara
  • Menyederhanakan struktur harga dengan menawarkan tingkat harga yang lebih sedikit dan mengurangi jumlah promosi.
  • Tingkat ekonomi Negara akan lebih baik, apabila ada kerjasama yang baik dari para wisatawan terhadap Negara tersebut.
  • Memperkuat nilai tukar mata uang lokal terhadap mata uang asing
  • Bahwa produk yang dimiliki Club Med memiliki kekuatan dan konsep yang lebih menarik dari paket lainnya di pasaran



Sedangkan bagi Negara berkembang,manfaat club mad adalah:

  • Meningkatkan segmen pasarnya Negara tersebut,
  • Meningkatkan produktivitas dan efisiensi serta pertumbuhan pariwisata dengan memasarkan kelebihan club med.
  • Menigkatkan keuntungan, perusahaan telah memperkenalkan satu langkah yaitu memperpanjang musim di beberapa pedesaan.
  • Sektor kerja menjadi luas. Di bidang kepariwisataan.
  • Mendatangkan banyak wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Club Med sehingga menimbulkan peningkatan devisa Negara bidang pariwisata


Dengan penerapkan konsep yang baik dan terarah,maka Negara maju dan berkembang akan mampu mendapatkan hasil yang maksimal. Oleh Karen itu pemerintah,dan masyakat local harus lebih aktif dan kreatif dalam membangun kegiatan-kegiatan clup med yang menghasilkan nilai-nilai positif untuk memuaskan para wisatawan yang datang.

Masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian maju (Seperti Italia dan Amerika Serikat)

1)   Harga kamar di Club Med terlalu mahal sehingga untuk membangun loyalitas dan memenangkan pelanggan baru menjadi jauh lebih sulit
2)   Sistem pedesaan yang dibuat dan menjadi ciri khas dari Club Med sudah ketinggalan zaman
3)   Terlalu pendeknya musim liburan sehingga biaya menjadi mahal utuk bepergian ke pedesaan
4)   Perbandingan gaji karyawan yang tinggi
5)   Club Med mengurangi karyawannya dikarenakan untuk membayar gaji karyawan di sektor lain. Sehingga menimbulkan bertambahnya pengangguran di Negara tersebut
6)   Menurunnya tingkat wisatawan asing yang berkunjung 



Masalah ekonomi yang ditimbulkan dari Club Med terhadap Negara dengan perekonomian sedang berkembang :

1)     Economic Leakages, hal ini disebabkan karena Club Med dimiliki orang perancis, hal ini berarti keuntungan yang diperoleh dari hasil usaha Club Med akan lari ke negara perancis
2)    Pemerintah membantu sebagian pendanaan pengembangan Club Med berdasarkan perjanjian kedua belah pihak
3)     Club Med menetapkan aturan-aturan, metode, standard-standar, produk serta mengendalikan pemasaran dan harga
4)    Manajemen merek yang tidak efektif
5)    Produknya terasa lebih mahal di Perancis
6)     Rata-rata pelanggan yang datang berasal dari kelas sosial yang tinggi dengan umur 20-30 tahun


Sekilas mengenai Club Med:
Club Med merupakan tempat liburan yang mengambil konsep liburan pedesaan yang didirikan pada tahun 1950 oleh asosiasi olahraga olimpic. Club med, didesain secara khusus, seperti: tidak ada telepon, tidak ada koran, banyaknya hiburan (khususnya aktivitas olahraga), dengan pakaian santai (casual), sistem pembayaranpun diselesaikan di hari terakhir wisatawan tinggal. Semua fasilitas yang disediakan untuk memberikan kesenangan dan kenyamanan pada wisatawan (tamu). Club Med adalah perusahaan pertama yang menawarkan semua termasuk paket liburan, yang telah menjadi segmen dengan pertumbuhan tercepat di sektor pariwisata.
Pada tahun 2000, persaingan dibidang ini menjadi sangat kuat, dan Club Med membutuhkan usaha-usaha untuk menyegarkan kembali citranya. Konsep Club Med telah menjadi ketinggalan zaman, meskipun memiliki lebih dari 100 resor desa di beberapa lokasi yang paling indah di dunia, dikunjungi oleh 1,5 juta pengunjung setiap tahun, (menurut John Vanderslice, Presiden & CEO Club Med Amerika. Club Med, sebagai merek yang sangat terkenal, namun tidak memiliki positioning yang jelas, (Vanderslice), "Harga dianggap terlalu mahal, dan membangun loyalitas dan memenangkan pelanggan baru telah menjadi jauh lebih sulit." Club Med harus merenovasi banyak villa-villa di desa, merubah sistem informasinya, keuangan, manajemen, dan isu-isu hukum.


Untuk memperkuat dan reposisi merek, Club Med memutuskan untuk:

a. Renovasi desa, menghabiskan lebih dari $ 150 juta hanya di Amerika Utara.
 b.  Meningkatkan pengeluaran pemasaran, dan fokus pada media baru, terutama secara online.
 c. Menyederhanakan struktur harga dengan menawarkan tingkat harga yang lebih sedikit dan mengurangi jumlah promosi.
d. Perluas penawaran produk dengan meningkatkan menunjukkan dan memperkenalkan kegiatan baru, yang termasuk panjat tebing, roller blading dan seni sirkus.
 e. Atur ulang operasi, dan bergerak Club Med markas dari New York ke Florida.

Pada akhir 2000, Club Med usaha reposisi membawa pada tempat yang strategis. Club Med memiliki struktur keuangan yang kuat, manajemen baru, dan budaya baru. Pada tahun 2001, pendapatan naik, laba operasional lebih tinggi, lebih banyak tamu, dan semangat hebat.


Untuk mempertahankan keberhasilan rebranding, Club Med mengikuti lima prinsip.
(1)   Upaya branding yang sukses fokus pada pembangunan hubungan. Itu sebabnya branding melampaui periklanan, yang merupakan monolog. Branding adalah sebuah dialog.
(2)   Merek yang sukses meraih peluang luar biasa yang diciptakan oleh perubahan sosial dan ekonomi.
(3)   upaya-upaya branding yang sukses baik memungkinkan personalisasi dan skala ekonomi.
(4)   Merek, menurut definisi mereka, dibedakan. Mereka menyatakan sikap, mereka bercerita, mereka beresonansi dengan konsumen.
(5)   Untuk menjadi pribadi, merek tidak dapat yang sama di mana-mana.



Beberapa Contoh Gambar  :
Club Med Amerika Serikat

Club Med Bali Resort



1 komentar: